Ini ceritaku..

Minggu, 26 Februari 2012

Eksis Adalah Belajar (Dari Alay ke Eksis Sesungguhnya)

Kalau bicara soal internet, itu sudah menjadi bagian hidup gue.
Kenapa? karena dengan internetlah, gue berkembang menjadi "seseorang" yang lebih baik. Itu yang gue rasakan. Sudah banyak sekali kegiatan yang gue lakukan karena adanya internet ini. Padahal baru sekitar dua tahun aktif di media sosial maya ini. (Twitter)
Eksis di So_MePlayground AXIS
Gue kenal yang namanya internet kalau gak salah sejak SMP deh. Itu juga tahunya Friendster. #pffft Inilah proses hidup seorang manusia yang dilewati, yaitu 4LaY.. Gue udah gak ingat apa username friendster gue. (ingatan yang buruk #pffft) Kemudian heboh gonjang-ganjing media social yang baru saat itu, Facebook. Pas SMA gue merasa anak paling gaul, karena gue udah bikin Facebook duluan, teman-teman gue belum ada yang buat dan mereka minta bikin atau minta ajarin gue buat bikin akun Facebook. Muahahaha #sigh
Narsis di F :D

Betapa 4LaY-nya gue.. Oh plis.. kalian pasti juga pernah gitu kan.. PASTI hahaha
Nah, kalau ngenet seringannya di handphone kan? Biasanya sih, kalau anak muda atau anak sekolahan pake providernya yang "itu".. Entah kenapa sampai sekarang masih banyak aja yang setia, gak pernah ganti itu nomor, padahal sudah sering dikecewakan. Kendalanya, gak ada signal lah, mahal buat ngenet dll.. Tetep aja gak mau ganti provider.. mungkin itu yang namanya cinta. #hayah Gue mah ogah!

Tapi sejak gue mulai "kecanduan" internet gue masih maksain pake itu nomor, fiuh, betapa ruginya gue beli pulsa dua kali dalam seminggu, itu namanya PEMBOROSAN!
Akhirnya gue udah gak tahan lagi. Sampai akhirnya teman gue yang ratunya ngenet mulu, gue heran dia ngenet mulu apa gak boros ya? Ternyata dia pake AXIS..

YOK IKUTAN..
Dia pasang paket internet seminggu.. Dua tahun lalu, baru gue akhirnya pakai AXIS..
Sampai sekarang yang ngebantu banget buat mahasiswa kere dan jomblo kayak gue yaitu INTERNET UNTUK RAKYAT-nya AXIS banget.. Bersyukur, beruntung.. karena AXIS, gue bisa jadi yang TER-UPDATE dengan hal yang baru dan jadi EKSIS ABEESSS.. Memang AXIS GSM yang baik!

Eksis. Apa arti eksis menurut kamu?
Narsis? Pamer? Lebay? 4LaY? Jadi penonton yang multifungsi bisa nyuci sambil jemur?

Menurut gue, eksis adalah kegiatan aktif dengan mengenal banyak orang di manapun, sehingga membuat ia akan diketahui banyak orang.

Kenapa gue bisa bilang Eksis adalah belajar? karena dengan kegiatan yang kita lakukan di atas, kita akan mendapatkan ilmu dari orang lain, yang mana orang lain tersebut telah lebih dulu eksis daripada kita. Kita bisa curi ilmu mereka. Bukan berati menjiplak atau mengikuti gaya mereka banget. Hanya saja untuk menambah referensi kita dalam menulis atau melakukan kegiatan apapun yang kita lakukan. Dicuri hal yang positifnya dan hal negatifnya bisa dipahami sebagai bahan renungan atau pelajaran agar tidak kita lakukan.

Sama halnya sebuah karya seseorang yang mereka utarakan (publikasikan) lewat internet, bukan berarti untuk seenaknya digandakan oleh orang lain, tapi untuk dinikmati keindahan atau keunikannya atau bisa juga dipelajari prosesnya oleh kita, untuk menghasilkan karya yang lebih bagus, tentunya dengan gaya sendiri. Tapi juga harus bisa menerima kosekuensi, karena di dunia maya masih banyak orang-orang yang "terlalu kreatif" dengan tidak menghargai atau menerimanya, justru malah ingin mengklaimnya. #pffft

Internet bisa membuat kita menjadi berkembang dalam berkarya. Mengasah bakat kita yang terpendam. Orang yang memiliki bakat akan kalah dengan orang yang rajin. - @pandji. Karena rajin, kita akan bisa memiliki bakat itu sendiri. Beda dengan memiliki bakat tetapi jarang latihan atau tidak pernah sama sekali.

Karena EKSIS di social media apa pun itu, keuntungan sangat dirasakan, ini tidak dibuat-buat, benar-benar pengalaman gue pribadi.

Apa saja keuntungan itu... Cekidot..

1. Nonton GRATIS
Ini pasti karena kuis. Yup, gue ikutan sebuah kuis di twitter yang hadiahnya tiket nonton di bioskop. Jujur aja, gue sering nonton di bioskop cuma karena gratisan, kalau enggak, ya gue males. Gak cuma satu-dua kali, tapi berkali-kali.. Muahaha
Voucher nonton.
Baru kemarin, gue berkesempatan untuk menghadiri Blogger Screening Negeri 5 Menara the Movie bersama anak @KancutKeblenger dan blogger lainnya bisa dilihat di The Power of "man jadda wajada"
Penulis serta aktor film Negeri 5 Menara
2. Makan GRATIS
Ini juga karena ikut kuis yang hadiahnya voucher makan di resto-resto ciamik. Bisa ajak teman dan bikin kenyang.. Gak cuma satu kali tapi berkali-kali juga.. Ini salah satunya saja.
Voucher makan.
3. Belanja GRATIS
Ini dari kuis dan dari event sebuah brand.Gue bisa borong isi supermarket. Lumayan buat mandi + nyuci-nyuci. :))
Peralatan bersih-bersih :))
4. Handphone GRATIS
Ini kuis juga. Udah pernah dua kali dapat handphone. Mantep kan. :p
Menang Hape KYAA!
5. Souvenir GRATIS
Ini juga kuis.. atau event brand juga. Macam-macam.

6. Buku GRATIS
Ini juga kuis pastinya.. ada juga dari seminar. Gak hanya ini, ada lagi yang lain, salah satunya ini.
Buku gratis..
7. Kaos GRATIS
Ini juga kuis dan event-event brand. Ada bayak di lemari. Susah mau potoin satu-satu hehe gak penting lah ya.. :)

8. Benda-benda lain yang GRATIS (jam, flasdisk, pulpen, notebook, payung dll)
Kuis dan event keren seperti festival (SocMedFest, ON|OFF, So_MePlayground AXIS)
Souvenir So_MePlayground AXIS
9. Seminar GRATIS
Salah satu seminar atau workshop GRATIS yang berharga banget is WORDISME.

Ya, semua rata-rata dari menang ikut kuis yang ada di twitter maupun facebook. Social media ini memang yang paling sering dijadikan tempat promo brand-brand yang berbagi lewat sebuah event atau kuis.. Karena gue aktif dan eksis di social media tersebut, jadilah gue sering ikut kuis tersebut dan menang. Bagi gue, ini bermanfaat banget. Kenapa gak? Wong, gratis kok.. Cuma-cuma mereka ngasihnya. Tentunya bila kita bisa dengan benar menjawab tantangan atau pertanyaan yang mereka ajukan.

Selain itu, juga bisa dekat dengan orang jauh dari mata, jadi dekat di twitter. Dari twitter banyak banget yang gue dapet.

Lo gak dapat apa-apa dari twitter??
Ya, derita lo banget.. Muahaha

10. Masuk majalah anak muda
Karena eksis di acara ON|OFF 2011 kemarin dengan anak-anak @KancutKeblenger jadi masuk HAI Magazine. Gak hanya eksis di dunia maya, tapi juga eksis di dunia nyata! Yeah! Grup inilah yang menginspirasi juga dalam ngeblog.. banyak blogger-blogger muda kreatif di dalamnya.. Terima kasih Ya Alloh telah dipertemukan dengan mereka orang hebat dan kreatif.. :"> Tetap solid ya, guys! Love :*
@KancutKeblenger masuk majalah.
(Source here)
11. Dekat dengan jurnalis
Awalnya ngefans sama sosok jurnalis, akhirnya dekat dan jadi teman. Seru punya teman seorang jurnalis yang keren dan menginspirasi.
@InNath jurnalis KompasTV
12. Ketemu inspirator gue
Inilah yang bisa kita curi ilmu dan pelajaran dari pengalaman mereka. Bangga bisa ketemu langsung dengan mereka. Mulai dari penyanyi sampai selebtwit, dari penulis sampai jurnalis. :D
Seperti yang gue tulis tadi, gue dapat ilmu dari mereka, motivasi dan inspirasi.
@andjrot @vidialdiano @windyariestanty @PakBondan
@andjrot : Seorang jurnalis TV yang kukenal via twitter sangat menginspirasi gue untuk tetap semangat menjalani hidup ini. Ada tulisanku untuknya di --> I Love Journalist

@vidialdiano : Seorang penyanyi muda berkualitas. Ngefans dari zaman gue lagi alay-alaynya. :)) Dia mengajarkan bahwa kesibukanya sebagai selebritis tak membuatnya lupa dengan pendidikannya. Pendidikan nomor satu. Karena dia adalah artis cukup banyak followersnya di twitter. Sering dia meng-update kesehariannya sedang belajar mati-matian demi UTS dan UAS dengan melupakan sejenak kariernya sebagai penyanyi.

@windyariestanty : Seorang PemRed penerbit, penulis dan editor. Wanita tangguh, tulisannya yang apik dan jago meng-hendle naskah-naskah buku keren.

@PakBondan : Seorang pengamat kuliner. Pernah makan bersama beliau. Terinspirasi ingin jadi food traveler, karena hobi makan di mana-mana. Hihihi
@fitrop @benakribo @pandji @jflowrighthere
@fitrop : Seorang entertainer sejati. Kocak dan cerdas orangnya. Sampai akhirnya menulis sebuah buku dan menarik untuk dibaca, sebagai pemula dalam dunia penulis, bisa dibilang dia berhasil.

@benakribo : Seorang blogger lucu dan kreatif. Pasti semua blogger tahu sosoknya sebagai inspirator dalam ngeblog.

@pandji : Seorang yang aktif dalam kegiatan positif. Punya tekad mengubah Indonesia dari hal yang kecil yang nantinya akan berdampak besar. Sangat menginspirasi Om yang satu ini.

@jflowrighthere : Seorang penyanyi hip-hop yang kreatif dan berkualitas. Mengetahui kisahnya, semangat dalam menciptakan musik yang menginspirasi dan memotivasi dalam menjalani hidup. Great music. Ada tulisan gue tentang dia di DreamBrave Experience JFlow

(Eh, baru nyadar itu jilbab napa sama semua gitu. #sigh :|)

Oiya, semua ini terangkum dalam blog ini dan twitter saya di @ennoretnono :)

Nah itulah manfaat dari internet bagi gue, bagaimana denganmu? bisa share di kolom komentong di bawah ini ya..

Terima kasih telah membaca sampai sini.. :">

21 komentar:

  1. waw..benar benar eksis... mantabb

    BalasHapus
  2. eksis banget ya kamu. Ajarin dong

    BalasHapus
  3. eksis perlu, narsis apalagi..sukses!!

    BalasHapus
  4. tetep ada makan gratis hahaha...

    ikutan ini kontes ini juga toh,
    sukses.. =0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe :p

      Sukses juga, bang.. Thanks loh mampir mulu dikau.. wekwek..

      Hapus
  5. Keuntungannya emg banyak banget ya mbak, mana ada unsur gratis semua lagi *mupeng
    Anyway nice posting, salam blogger mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget.. hehehe
      Thank you..
      Salam. :)

      Hapus
  6. uich mantep bgt dpet hp 2 kali dr twitter kah? Eh bc punya q jg ya, jgn lupa comment n di follow ya. Aq follow qm jg. :)

    BalasHapus
  7. Dahsyat sekali eksisnyaaaa haha.. envy deh liat itu foto sama Bang Bena -.-'

    BalasHapus
  8. Waw,eksis sekali!Hehehe.
    #Pengen dapet HP!:(
    Kunjungan balik ke:
    http://coretanrifqi.blogspot.com/2012/02/eksis-di-jejaring-sosial.html

    BalasHapus
  9. kerennn. . Apa nich twitternya ? Follow ya @luqisshi :)

    BalasHapus
  10. internet tmpt yg ajib bgt bwt eksis, apalagi social media uda byk bgt y skrg yg tdnya jauh jg bsa terasa dekat. Buat yg LDR jg bgus klo dia eksis bgt sama internet, bsa ktmu walopun sbtas video call :').

    BalasHapus

Tuliskan apa yang kamu ingat dan kamu rasakan! Terima kasih telah membaca dan komen di sini.. Titik dua-tanda bintang deh buat kamu. :p
Mau komen? tapi gak tau caranya? ketik aja dulu di box, terus pilih pake akun yang lo punya, deh! gampang, kok! Ayo, komen.. gak usah malu-malu gitu ihhh :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...