Ini ceritaku..

Sabtu, 04 Februari 2012

Meluapkan Masa Kecil Anak Indonesia di Pasar Puter Dungdung

Do.. mi kado.. mi kado.. extra
Extrado.. extrado.. bea beo
Cit cit wan, tu, tri, for, faiv, siks, seven, eig, nain, ten..

Masih ingat lagu di atas?
Ya, itu mainan anak-anak Indonesia.. Sampai sekarang gue masih sering dengar dan lihat bocah-bocah pada main itu di depan rumah..
Gak ingat? Oh, ini mainan memang untuk anak yang kurang bahagia masa kecilnya. Kalo gak inget, berarti sudah bahagia masa kecilnya, soalnya gak sempet main beginian.. kasian.. #pukpuk #lho

Btw, extrado apaan ya artinya? Duh.. kok jadi pengen es kado gini sih.. Udah lama gak makan gituan tuh.. enyak.. Es zaman masih ingusan main dicomberan.. kangen gak sih..?
Boleh es dungdungnya, dek..
Apalagi sama es dungdung.. Yang bunyinya "dung.. dung.." "Bang, beli, bang!"
Es buatan tradisional yang harganya cuma 300 perak dapet banyak banget.. Bisa pake cone atau cup kecil, paling mahal yang pake gelas cantik gitu yang digantung di gerobak abangnya. Terus dengan topping ketan item, mutiara, tapai dll.. Rasa es dungdung-nya ada nangka, kelapa, coklat, strawberry dll.. duh.. sumpah kangen banget.. Rasanya memang sudah melekat ya di hati kita anak Indonesia..

Sabtu, 28 Januari 2012 ada acara di Citos yaitu Pasar Puter Dungdung.. Ada yang datang ke sini kemarin?
Apa itu #PasarPuterDungdung?

 
Pasar Puter Dungdung
Nah, ini adalah sebuah pasar yang berisi jajanan, permaian dan acara musik yang Indonesia banget..
Mulai dari zaman dahulu hingga modern ada.. Di sana kita bisa temui seperti tahu gejrot, lekker, es dawet hitam, kue cubit sampe cupcakes dan lolipop warna-warni..

Permainannya ada ular tangga, karambol, lempar kaleng, twister, air hockey sampe game kinect..
Di sana kita juga bisa belajar membatik dan main gitar gratis.. ada kelasnya masing-masing.. Wah.. seru banget kan.. Bakalan ingetin masa lalu kita.. terobati.. :"> Yang gak ketinggalan tentunya es dungdung dong.. so manis :9

Kok lo bisa ikut, No? tau dari mana? Gratis apa bayar? Kok gak ajak-ajak gue, sih? Oke, cukstaw!

Gue tau info ini, biasa.. dari timeline twitter.. dari akun @rahneputri dan @aMrazing. Pada follow gak?
Gak? yaudah. Mereka menjerumuskan gue untuk kepo lebih dalam soal ini, gue langsung follow akun @WallsDungdung yang lagi bagi-bagi 100 tiket GRATIS #PasarPuterDungdung ini.. Wow.. demenan gue begini mah.. Lapak ane, gan :)))
Hanya 50 pemenang, masing-masing dapat 2 tiket senilai Rp 50.000 beuh.. bisa berlaku max. untuk 5 orang lagi! Bisa ajak sekeluarga, broh. Gak nanggung-nanggung kasih hadiahnya. XD

Awalnya gue dinyatakan kurang beruntung.. Eh, Alloh Maha Baik. Ternyata ada 8 orang pemenang yang belum follow (masa belum follow bisa dimenangin sik.. Jelas-jelas gue yang udah follow kenapa gak dimenangin..? #emosi :))) Dan akhirnya..
Menang kuis tiket
Karena mereka tidak kunjung konfirmasi, buat dikirim DM selanjutnya. Akhirnya gue sebagai 8 orang penggantinya.. Yeay.. Alhamdulillah.. Kalo rezeki mah, gak ke mana :">

Berangkat bersama Pinka dan adik kembarnya yang masih 5 tahun (berani juga doi bawa anak kecil dari Bekasi ke Cilandak naik bus, salut!). Maureen dan Helmi juga ikut. Kami berenam. Sampai sana dikasih ini..
Hari ini yang keluar nomor berapa? dikata lotre.
Tiket warna pink. Ini seperti paket untuk 5 orang. Selain bisa main dua kali di setiap game. Juga bisa dapat GRATIS 1 tube es dungdung dengan topping terserah.. ada doorprize juga dan photobooth. Photo-nya yang ada di paling atas tadi. Hihihi

Pertama yang dituju, tidak lain dan tidak bukan adalah nodong es dungdung dulu.. laper, jek!
Source here
Gue pake roti dan topping ketan item, mesis, almon, cahacha, nata de coco, kelapa, sauce coklat, gula Jawa, maruk amat... semua gue ambil, abis banyak banget sih toppingnya bejejer.. haha :p
Preman abis, yaa
Potograper: gue
Ini gambar buat ikutan kuis lagi. Ternyata malah Mauren yang menang. Iya, jelas.. gue potograpernya gitu lohhh #iri #gakterimadiayangmenang haha :))) dapat kaos batik lumayan.. Cieee

Di sana sempat berpapasan sama kak Rahne, aku tahu. Mau nyapa, tapi malu. hehe lihat Om Alex juga! Doi bersama @omAbdi gue tau dan gak nyapa juga, udah pernah lihat juga, sih, takut dikira sksd aja. hehe.. #padahalmaubangetpotobareng #hayah

Main ular tangga, twister, karambol, lempar kaleng, shooting target dan air hockey. Dari keenam permainan yang menang dan dapat hadiah cuma dari lempar kaleng dan air hockey. Kasian. Huhuhu :'( Gue sebagai anak bangkotan malu sama bocah-bocah yang pada menang dan dapat hadiah.

Pertama, ular tangga yang menang Maureen. Permainan ini biasanya kita mainkan diatas kertas berkotak nomor seperti di bawah ini. Biasanya buat jalaninnya pake badak-badakan atau monyet-monyetan. Tapi kalo ini pake monyet beneran #eh Kita sendiri lakonnya yang jalan dan melempar dadu raksasa.
Ular tangga: gue kalah






Twister: gue kalah
Giant twister, ini si Pinka dengan pose ngedennya. Tapi doi menang.
Permainan ini 1 tim 2 orang. Ada yang muter jarum untuk warna apa yang akan didapat untuk nanti dikerjakan teman satunya yang ada di bulatan warna ini. Misalnya, dapat kaki kanan warna biru. Ya lakukan. Yang kalah, yang sampai gak bisa melakukannya dengan benar lagi, atau melanggar peraturan seperti salah menginjak atau duduk tidak sengaja. dan itu terjadi pada gue! Gue duduk gak sengaja, kalah deh. Huuu :(((
Gue main karambol maksa banget. Belum ngerti ternyata gue cara mainnya.. -__-
Karena gue tidak mematuhi peraturan permainan karambol ini. Yaitu jalankan koin sentil ditempat garis yang telah disediakan. Jadi kalah deh.
Karambol: kalah lagi
Dan yey! Eyke menang di Air Hockey..
Permainan ini adalah dengan mendorong koin untuk masuk ke gawang lawan. Perlu jaga gawang sendiri dan kekuatan untuk mendorong koinnya. Eini tangan sampe tegang lho ototnya. Berasa banget. Menang tipis dari Helmi. Alhamdulillah akhirnya dapat hadiah mainan, perahu tok-tok. :">
Gue inget banget ini mainan abang gue pas belum disunat. :)))
Perahu tok-tok. Cara memainkannya dengan menggunakan minyak tanah dan sumbu api yang menghasilkan panas agar perahu bisa jalan di atas air. Karena bunyinya "toktoktok" Lucu ya..
Air hockey: yak gue menang..
Photobooth :p
Pinka dan adik kembarnya. Lucu ya yang gendut. x)
Pasar Puter Dungdung di Citos
Souvenir
Ada 11 coaster (set, banyak amat ! buat apaan), yoyo dungdung (masih berusaha untuk belajar maininnya, ternyata tak semudah yang dilihat :| ), perahu tok-tok dan lolipop warna-warni. Udah kepengen banget beli lolipop lingkar warna-warni, alhamdulillah ada yang murah, yang kecil ini hanya Rp 5.000. ;) (sampe sekarang ni permen belum gue makan :)))))
Kita melewatkan kelas membatik.. huu sayang sekali.. padahal mau banget.. Soalnya pas ke situ pasti sudah penuh diisi. :(((
source here
Gue, Mauren dan Helmi
1 tube es dungdung berdua :p
Oke, kami pulang sekitar jam 8 malam.. Gue sendirian dari Cilandak ke Bekasi, beuh.. #wanitaPerkasa udah biasa, cyint. :p

Terima kasih buat @WallsDungdung yang udah ngasih kita wahana bermain ala jadul, kangen kita terobati. Semoga akan ada lagi Pasar Puter Dungdung di kota lain. (Bekasi, Bekasi :p) Thanks..

Makasih udah mau baca sampai sini..

Foto: Jepretan Maureen, pribadi.

15 komentar:

  1. aiiiiiiihhhh enak bgt ky'a >,<
    aku inget bgt tuh maenan do mi ka do blablabl hahha jd kgn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih.. masa kecilnya kurang bahagia berarti.. :)

      Hapus
  2. berarti gw termasuk yang masa kecil kurang bahagia dong, suka main eskado.. eskadoan.. =D

    itu es dung -dung emang masih ada,?? di kampung gw udah ngga pernah ada yang jual tuh..

    Lempar kaleng, galasin, petak umpet, hadooh jadi berasa pengen kanak-kanak lagi...

    kalau gratisan bagi-bagi dong.. =3

    anak sekarang ngga gaol ya ngga tau permainan - permainan itu... #kepanjangan ngga sih komennnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. *jitak Uzay* Itu es dunggung yang jual wanita cantik di atas..
      Mau gratisan? pantau timeline gue si @ennoretnono haha :p

      Hapus
  3. Eh kalau di kampung gw namannya Es kenong, or es nong - nong... #lagi mikir sama ngga sih bentuk es nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya sih gue nyebutnya juga es nong-nong.. tapi mungkin karena backsound-nya beda :/ haha

      Hapus
  4. waaaaaaahhhhhhh, jadi pengen juga gue ,retnoooooo ajak gue dari kejauhan ,hahah
    salam kancut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaaaahhhhhh ayooo sebelum habisa nih dagangan gue.....

      apa kabar si kancut..?

      Hapus
  5. mantep banget topping es nya, gw sukaaaaaaaaaaa.. apa lagi pake lelehan gula jawa, lebih nikmaaaattt.. indonesia banget !!!
    thankyou ya noooooo buat jalan-jalan di Pasar Puter Dungdungnyaaaa.. gratisan pula hahaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^ yang sering gue ajak gratisan, beruntung ya jadi dia hahaha :p

      Hapus
  6. aaa pasti seru tuh :( sayangnya dikotaku gaada. wkwk jadi inget jaman SD.. kangen tahu gejrooooot :**** #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget.. Haha tahu digejrot-gejrot.. :9

      Hapus
  7. Waw.. Seru sekali :)

    Baru tahu namanya ES DUDUNG, saya sih biasa manggilnya ES TONGTONG..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha Malih Tongtong, dong..

      Hapus
    2. Hush, jangan bawa2 bapak kita *Loh? hihi

      Hapus

Tuliskan apa yang kamu ingat dan kamu rasakan! Terima kasih telah membaca dan komen di sini.. Titik dua-tanda bintang deh buat kamu. :p
Mau komen? tapi gak tau caranya? ketik aja dulu di box, terus pilih pake akun yang lo punya, deh! gampang, kok! Ayo, komen.. gak usah malu-malu gitu ihhh :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...