Ini ceritaku..

Jumat, 20 September 2013

Kenali Kelebihan dan Kekuranganmu

Akhir-akhir ini, aku sudah dua kali diberikan pertanyaan untuk menyebutkan apa saja kelebihan dan kekurangan diri dalam lembar pengisian data diri calon pegawai baru. Maklum, aku ini, kan mantan mahasiswa yang baru saja lulus dari masa kuliahnya, alias fresh graduate. Sedang sibuk sana-sini mencari  lowongan pekerjaan. Mencari pengalaman kerja lebih tepatnya, bila sudah mendapatkan itu, sebenarnya ingin sekali segera melanjutkan pendidikan hingga jenjang sarjana. Maklum (lagi), aku ini, kan lulusan diploma III, yang mana sudah menjadi tingkat terendah dalam persaingan jabatan di sebagian besar kementerian, pemda atau perusahaan.
Kelebihan dan kekuranganku apa, ya..?
(ponakan hihi)
Dihadapkan dengan baris yang kosong untuk diisi dengan kurang lebih lima kelebihan dan kekurangan diri. Dalam kuliah, pernah diajarkan untuk menuliskan hal ini, sampai diperintahkan untuk menuliskan kekurangan dan kelebihan teman terdekat di kelas. Saat keadaan mendadak, isi saja sepengetahuan yang ada. Kurang banyak, akhirnya langsung kutanyakan kepada yang bersangkutan, alias temanku tersebut, apa saja sih kelebihan dan kekuranganmu?

Memang kita harus lebih baik dalam mengerti apa saja kelebihan dan kekurangan diri sendiri daripada orang lain. Tapi sampai saat ini, aku masih saja perlu berpikir bila dihadapkan dengan pertanyaan tersebut. Masih selalu ada yang berbeda di setiap pengisian pertanyaan tersebut di waktu yang berbeda. Berarti aku masih belum bisa mengenali diri sendiri atau belum memantapkan hati agar konsisten dalam menjawab dengan menuliskan hal tersebut di dalam sebuah catatan sebagai pengingat.

Oleh sebab itu, aku ingin menuliskan kelebihan dan kekuranganku dalam blog ini.
Kelebihan :
  1. Berpikir positif
  2. Pantang menyerah
  3. Dapat menerima hal baru
  4. Suka terhadap tantangan
  5. Bertanggung jawab
  6. Fleksibel
  7. Terjadwal
  8. ....
  9. ....
Kekurangan :
  1. Malas (kalau ini jangan dimasukkan ke dalam formulir data calon pegawai baru keleus, ya?)
  2. Menunda (ini juga keleus, ya sama kayak di atas)
  3. Keras kepala
  4. Mudah percaya kepada orang lain
  5. Terlalu baik kepada orang lain
  6. Menyimpan perasaan
  7. Pelupa
  8. ....
  9. ....
Nah, aku bisa mendapatkan enam dari kelebihan dan kekuranganku saat menuliskan ini. Bila sedang tidak dalam posisi menuliskan ini, mungkin saja akan mendapatkan lebih banyak lagi hal-hal yang kita temukan dari pengalaman sehari-hari atau orang lain. Semakin banyak kita dapat menyebutkan apa saja kelebihan dan kekurangan kita, maka kita akan semakin dapat mengenali diri kita sendiri, dengan begitu kita akan dengan mudah untuk memperbaiki tindakan atau sikap kita dan dapat meningkatkan serta mempertahankan sikap yang menguntungkan untuk diri kita.

Menguntungkan diri kita tidak hanya lebih banyak mengetahui dari kelebihan saja, tetapi juga dari kekurangan kita. Tidak selalu menguntungkan diri kita, tetapi juga orang lain. Karena bila tidak begitu, maka akan dapat merugikan orang lain. Tentu hal tersebut tidak kita inginkan. Jadi, perlu adanya keseimbangan dari keduanya. Semakin banyak kita mengetahui apa kelebihan dan kekurangan diri, maka akan semakin mengenali diri. Dan bila keduanya sama banyak, maka kamu dapat menempatkan dirimu dengan baik, alias balance. Hal ini aku dapatkan dari teringat saat suatu seminar gizi, namun panitia menambahkan satu narasumber seorang psikolog.

Kelebihan dan kekurangan tidak terpaku hanya dari sikap-sikap atau tindakan atau sifat yang dimiliki saja. Banyak hal yang bisa dijadikan sebuah kelebihan atau kekurangan. :)

Lalu, bagaimana dengan, mu? sudah dapat menuliskan apa saja kekurangan dan kelebihan diri sebanyak mungkin dan seimbang di antara keduanya? semoga bermanfaat.. Tentu ini juga menjadi cermin diri buatku. :D

3 komentar:

  1. ponakan nya lucu banget ,, setiap orang memang banyak kelebihan dan kekurangan nya

    BalasHapus
  2. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    BalasHapus

Tuliskan apa yang kamu ingat dan kamu rasakan! Terima kasih telah membaca dan komen di sini.. Titik dua-tanda bintang deh buat kamu. :p
Mau komen? tapi gak tau caranya? ketik aja dulu di box, terus pilih pake akun yang lo punya, deh! gampang, kok! Ayo, komen.. gak usah malu-malu gitu ihhh :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...